Renungan Harian: Senin, 30 September 2024 - Bukan Masalah Umur

Renungan Harian Senin, 30 September 2024 - Bukan Masalah Umur
Senin, 30 September 2024

Bukan Masalah Umur

Bacaan Alkitab: 1 Timotius 4:12-16

Apakah Anda pernah merasa terlalu muda atau terlalu tua untuk melakukan sesuatu yang penting? Merasa terlalu kecil untuk sebuah pekerjaan besar? Merasa kurang memenuhi syarat untuk membuat perbedaan yang nyata?

Surat 1 Timotius merupakan surat yang ditulis Paulus kepada anak rohaninya, yaitu Timotius. Paulus memperlengkapi dan mendorong Timotius dalam hal-hal seperti doktrin, kepemimpinan, dan hidup seturut kehendak Tuhan.

Usia muda atau tua bukan penghalang dalam sebuah pelayanan dan kehidupan Kristen. Namun hal yang penting ialah karakter dan komitmen kepada Kristus. Usia muda bukan alasan untuk bermalas-malasan atau kurang bersemangat. Sebaliknya, Paulus mendorong Timotius yang masih muda untuk menjadi teladan dalam tutur kata, tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan kesucian.

Usia tua pun bukan alasan untuk mundur atau berdiam diri. Semangat pengabdian kepada Tuhan dan hidup seturut kehendak-Nya tak kenal batas usia. Kristus sendiri memulai pelayanan-Nya pada usia muda, namun hikmat dan kedewasaan rohani-Nya melampaui umurnya. Kehidupan Kristen bukanlah perlombaan kecepatan atau perhitungan usia. Ini tentang setia pada panggilan Tuhan, menggunakan talenta yang dianugerahkan-Nya, dan bertumbuh dalam iman dan karakter.

Jangan biarkan anggapan orang tentang kita membatasi langkah kita dalam mengikuti Kristus. Ia memanggil dan memperlengkapi kita, berapapun usia kita, untuk memuliakan nama-Nya dan menjadi berkat bagi dunia. Jadilah teladan, melayani dengan setia, dan teruslah bertumbuh dalam iman, karena di dalam Kristus, setiap usia berharga dan tidak ada yang terlambat untuk berbuah bagi Kerajaan-Nya.


Hidup yang sesungguhnya bukanlah hidup yang kita inginkan, tetapi hidup yang Tuhan inginkan

0 Komentar