Renungan Harian: Rabu, 11 September 2024 - Tampil Beda

Renungan Harian Rabu, 11 September 2024 - Tampil Beda
Rabu, 11 September 2024

Tampil Beda

Bacaan Alkitab: Kejadian 6:9-22

Berani tampil beda karena sebuah kebenaran tidaklah mudah dan harus siap menerima konsekuensi berdiri sendirian. Nuh hidup di tengah generasi yang penuh kebobrokan dan kejahatan di mata Tuhan. Akan Tetapi, Allah mendapati Nuh sebagai pribadi yang saleh dan tidak bercela di hadapan-Nya. Nuh tidak terkontaminasi dengan kejahatan dan keburukan yang dimiliki orang-orang pada zamannya. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

Kunci dari kehidupan Nuh yang benar dan saleh ialah relasi dan persekutuannya dengan Tuhan dan ketaatan pada firman-Nya. Nuh selalu hidup bergaul dengan Allah. Sama seperti Henock, Nuh selalu berjalan dengan Allah di sepanjang hidupnya. Ketika Nuh diminta oleh Tuhan membuat bahtera besar, Nuh menaati dan melakukan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan. Semua itu dikerjakan Nuh tanpa mengeluh ataupun protes. Ia tidak bertanya untuk tujuan apa membuat kapal sebesar itu. atau mengeluh betapa sulitnya membuat bahtera yang sedemikian besar. Nuh lebih memusatkan perhatiannya bagaimana menyenangkan Allah daripada penerimaan orang-orang di sekitarnya.

Bersikap atau bertindak berbeda dengan kebanyakan orang tentunya dapat menimbulkan resiko yang mungkin tidak menyenangkan. Ketika kita tetap memilih untuk mengatakan atau melakukan kebenaran daripada dusta, alih-alih diterima, kita mungkin akan dijauhi oleh sebagian orang atau komunitas yang bertentangan dengan tindakan kita. Bahkan resiko ekstrim yang bisa kita terima adalah berupa ancaman dan penolakan akan kehadiran kita di tengah-tengah sebuah komunitas. Akankah kita tetap memilih dan mempertahankan kebenaran dan kekudusan hidup di hadapan Tuhan sekalipun menemui banyak rintangan?

Sebagai anak-anak Tuhan, mari kita tunjukkan identitas kekristenan kita dalam segenap aspek kehidupan ini, kemana saja dan dimanapun kita berada. Kita harus menjadi saksi Tuhan dalam situasi dan kondisi apapun, kita harus membawa perbedaan yang membangun orang-orang yang ada di sekitar kita.


Beranilah berbeda dan teruskanlah hidup dalam kebenaran di tengah dunia yang semakin kompromi dengan ketidakbenaran ini.

0 Komentar