Renungan Harian: Kamis, 26 September 2024 - Jujur dan Tulus

Renungan Harian Kamis, 26 September 2024 - Jujur dan Tulus
Kamis, 26 September 2024

Jujur dan Tulus

Bacaan Alkitab: Mazmur Amsal 11:1-11

Seorang petugas Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menemukan uang Rp 500 juta di dalam gerbong kereta pada 6 Juli 2020 lalu. Petugas yang menemukan uang tersebut bernama Mujenih (30 th), petugas kebersihan di Stasiun Bojonggede. Mujenih bercerita, kala itu ia sedang membersihkan gerbong KRL yang baru tiba di Stasiun Bojong Gede menuju Stasiun Bogor. Ia melihat kantong plastik hitam tergeletak di bawah bangku kursi prioritas. Mujenih memeriksa isi kantong plastik tersebut. Ia pun kaget setelah melihat tumpukan uang pecahan Rp 100.000 yang ada di dalam kantong plastik.

Setelah itu, Mujenih langsung melaporkan temuannya itu kepada petugas passenger service (PS) di Stasiun Bogor. Bagi Mujenih, tak ada sedikit niat pun untuk mengambil uang yang ditemukannya itu. Yang terlintas di pikirannya hanyalah cara untuk mengembalikan uang ratusan juta itu kepada pemiliknya.

Kejujuran bukanlah sekadar tidak berbohong. Kejujuran adalah prinsip hidup yang meliputi transparansi, ketulusan, dan integritas. Kejujuran bukan tanpa tantangan. Keuntungan duniawi seringkali berbisik agar kita mengesampingkannya. Berbicara masalah integritas dalam hidup akan menyangkut banyak hal, baik tentang kejujuran dalam sikap, perbuatan, maupun perkataan. Dan semua bentuk ketidakjujuran adalah kekejian di hadapan Allah. Kristus, Sang Firman yang menjadi manusia, hidup dalam kebenaran sepenuhnya. Ia tak pernah menyembunyikan kebenaran, tak pernah tergoda tipu daya dunia. Ia menantang kemunafikan, membongkar ketidakadilan, dan mengajarkan kasih tanpa syarat.

Marilah kita belajar dari teladan Kristus. Marilah kita hidup dalam kebenaran, tak gentar melawan bisikan tipu daya, dan berpegang teguh pada integritas, meskipun dunia menawarkan jalan pintas. Kejujuran mungkin tak selalu membawa kekayaan atau popularitas, tapi ia menjamin ketenangan hati, kepercayaan sesama, dan berkat Tuhan yang tak ternilai.


Marilah menjadi para pembawa terang Kristus dengan memancarkan kejujuran dimanapun kita berada.

0 Komentar