Renungan Harian: Jumat, 27 September 2024 - Dosa adalah Dosa

Renungan Harian Jumat, 27 September 2024 - Dosa adalah Dosa
Jumat, 27 September 2024

Dosa adalah Dosa

Bacaan Alkitab: Roma 3:21-31

Rara gemetar saat melihat nilai ulangan matematika yang merah menyala. "Wah gawat," pikirnya, "Ibu pasti marah besar." Sebuah ide muncul. Di pojok kelas, ada kertas jawaban milik temannya Rina yang mendapat nilai bagus. Dengan cepat, Rina mengoreksi nilai di kertasnya, meniru jawaban temannya. Lega rasanya. Tetapi di sepanjang hari, Rara merasa gelisah. Saat Ibu memuji nilainya, kata-kata itu justru terdengar pahit di telinganya. Malamnya, Rina tidak bisa tidur. Tindakan curangnya terus memenuhi pikirannya. Keesokan harinya, Rara mengaku kepada Ibu dan temannya. Air mata bercucuran, tapi hatinya lega.

Di mata Tuhan, tak ada dosa kecil, hanya ada hati yang bersih atau ternoda. Seringkali kita tergoda untuk meminimalisir/ kompromi dengan dosa, bahkan mengkategorikannya menjadi besar dan kecil, tersembunyi dan mencolok. Kita mungkin berpikir kebohongan kecil tidak apa-apa, iri hati tersembunyi tidak akan dihitung, atau kemarahan sesaat bisa dimaafkan. Roma 3:23 dengan tegas menyatakan, "Semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah." Di mata Tuhan, tidak ada dosa yang lebih ringan atau lebih berat. Setiap pelanggaran, sekecil apapun, menodai kesucian Nya dan menjauhkan kita dari hadirat-Nya.

Yesus sendiri menegaskan hal ini dalam Lukas 16:10, "Barangsiapa setia dalam perkara kecil, ia akan setia juga dalam perkara besar. Dan barangsiapa tidak setia dalam perkara kecil, ia tidak akan setia pula dalam perkara besar." Dosa, apapun bentuknya, adalah tanda ketidaksetiaan kita kepada Allah. Namun, kebenaran ini bukan untuk membawa kita kepada ketakutan dan keputusasaan. Justru sebaliknya, kebenaran "Dosa adalah dosa" seharusnya membebaskan kita. Di kaki Kristus, pengampunan tersedia bagi segala dosa, apapun bentuk dosanya. 1 Yohanes 1:9 mengatakan, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Tuhan itu setia dan adil untuk mengampuni dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."Tidak ada dosa yang terlalu besar untuk kasih dan pengampunan Kristus.

Janganlah hidup dalam bayang-bayang dosa yang disembunyikan. Akuilah segala pelanggaran kita kepada Allah. Terimalah pengampunan-Nya yang limpah dan hiduplah dalam kekudusan di hadapan-Nya.


Tidak ada dosa besar, dosa kecil. Dosa adalah dosa. Dan setiap dosa adalah persoalan serius di mata Tuhan

0 Komentar