Renungan Harian: Jumat, 13 September 2024 - Integritas Sebagai Umat Allah

Renungan Harian Jumat, 13 September 2024 - Integritas Sebagai Umat Allah
Jumat, 13 September 2024

Integritas Sebagai Umat Allah

Bacaan Alkitab: Mazmur 15:1-5

Dari mana orang tahu dan dapat menilai bahwa kita adalah seorang Kristen sejati? Apakah berdasarkan aksesoris kekristenan yang kita pakai ataukah dari rajinnya kita mengikuti ibadah atau pelayanan di gereja? Tentu tidak!

Kualitas hidup kita sebagai orang Kristen tidak dapat diukur dari aksesoris yang kita pakai, melainkan dari cara hidup yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Cara hidup yang dimaksud tercermin dari hubungan yang baik dengan Tuhan dan juga hubungan yang baik dengan sesama.

Seperti apa seharusnya praktik hidup seorang umat Allah? Pertama, menghidupi keadilan dan kebenaran dengan sepenuh hati. Tentu, keadilan dan kebenaran ini bersumber dari Allah. Kita tidak hanya belajar tentang keadilan dan kebenaran Allah, tetapi juga mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, mengasihi sesama. Praktiknya bisa dilakukan dengan berkata jujur, berbuat baik, tidak menghina orang lain, dan tidak egois.

Orang yang berkenan di hadapan Allah adalah orang yang tidak hanya mengasihi Allah dan sesama lewat ucapan mulutnya, tetapi juga yang mempraktikkan kasih itu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, ia memiliki integritas diri sebagai umat Allah. Segala pikiran, perkataan, dan tindakannya selaras dengan kehendak Allah. Inilah kualitas umat Allah yang kudus.

Mari jalankan integritas hidup sebagai umat Allah yang telah menerima anugerah keselamatan dengan hidup kudus di hadapan Allah serta manusia. Inilah bukti kasih kita kepada Allah, yaitu dengan melakukan kehendak-Nya dengan taat dan setia.


Kiranya Roh Kudus memampukan dan menolong kita untuk hidup berkenan di hadapan Allah

0 Komentar