Renungan Harian: Senin, 19 Agustus 2024 - Fit and Proper Test

Renungan Harian Senin, 19 Agustus 2024 - Fit and Proper Test
Senin, 19 Agustus 2024

Fit and Proper Test

Bacaan Alkitab: Mazmur 101:6-8

Biasanya sebelum menduduki suatu jabatan penting dalam sebuah perusahaan ataupun di lingkungan pemerintahan, biasanya seseorang akan melalui uji kelayakan dan kepatutan, atau biasa disebut fit and proper test. Hal ini dilakukan supaya bisa mendapatkan orang yang sesuai dengan standar yang diinginkan. Adapun salah satu standar penting dan merupakan standar yang mutlak, yaitu seseorang harus memiliki integritas atau kejujuran dalam melaksanakan tugasnya. Setiap pemimpin pasti menghendaki hal ini, supaya pekerjaan yang ada bisa mendapatkan hasil yang baik.

Ketika Daud menjadi raja tentu hal yang dia inginkan adalah memiliki orang-orang kepercayaan, yang nantinya bisa membantu dia dalam menunaikan tugas pekerjaannya sebagai seorang raja. Ini juga bisa dikatakan merupakan cara Daud untuk melindungi umatnya, dari orang-orang yang berperilaku buruk. Di ayat 6, dikatakan “Mataku tertuju kepada orang-orang yang setiawan di negeri, supaya mereka diam bersama-sama dengan aku. Orang yang hidup dengan cara yang tak bercela, akan melayani aku.” Daud mengharapkan orang-orang yang setia dan tak bercela ada di sekitar dia.

Sebaliknya, dengan orang-orang yang hidup dalam ketidakbenaran: orang yang penuh tipu daya dan berbicara dusta (ay.7), serta orang-orang fasik di negeri ini (ay. 8), akan dilenyapkan. Inilah yang menjadi standar Daud, sebagai seorang raja, yang berkuasa dan memerintah dan tentunya menginginkan agar kerajaannya tetap berjaya.

Sebagai murid Kristus tentunya hidup dalam integritas dan kejujuran sudah menjadi bagian yang kita bisa lakukan setiap hari. Di dalam pelayanan kita kepada Tuhan, kita harus senantiasa memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan bahwa kita adalah anak Tuhan. Ini adalah “proses seleksi” yang akan kita jalani sepanjang umur hidup kita di dunia ini. Seperti apa yang dikatakan oleh Petrus, dalam 2 Petrus 3:14, yaitu “sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.”


“Tuhan memilih kita untuk menjalani hidup sebagai anak-anak Tuhan di
dunia ini, untuk kemuliaan Nama-Nya.”

0 Komentar