Siswa Kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta 2023 Mengikuti Pembelajaran Pengenalan Lingkungan di Puro Mangkunegaran

Siswa Kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta 2023 Mengikuti Pembelajaran Pengenalan Lingkungan di Puro Mangkunegaran

SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan Pembelajaran Pengenalan Lingkungan (PPL) pada hari Rabu, 24 April 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta.

Pembelajaran Pengenalan Lingkungan ini merupakan kegiatan pembelajaran variatif untuk siswa-siswi dengan cara mengamati dan belajar secara langsung ke lapangan. Dalam hal ini, siswa belajar tentang sejarah dan budaya di Puro Mangkunegaran. Melalui Pembelajaran Pengenalan Lingkungan ini, SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ingin mengajak siswa kelas 3 untuk lebih mengenal sejarah dan kebudayaan daerah Surakarta dengan berkunjung ke Puro Mangkunegaran yang berada di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Puro Mangkunagaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman raja. Puro Mangkunagaran ini dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I. Sekarang, Puro Mangkunegaran menjadi salah satu obyek wisata di Kota Surakarta yang menyimpan berbagai warisan budaya dan sejarah.

Siswa-siswi kelas 3 ini terlebih dulu berkumpul di pintu masuk Puro Mangkunegaran untuk mendengar beberapa pengarahan dari Bapak dan Ibu Guru SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Setelah mendapat pengarahan, siswa disambut oleh tim pemandu dari Puro Mangkunegaran dan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Satu kelompok kecil ini memiliki satu orang pemandu yang nantinya akan mengenalkan serta menjelaskan tentang Puro Mangkunegaran dan berkeliling menuju bangunan-bangunan utama.

Selanjutnya rombongan siswa kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta diajak oleh pemandu menuju ke Pendapa Ageng. Di Pendapa Ageng, pemandu menjelaskan tentang sejarah dan kegunaan Pendapa Ageng ini. Selanjutnya, pemandu mengajak siswa kelas 3 untuk menuju ke dalam museum. Di dalam museum ini, pemandu menjelaskan tentang berbagai koleksi benda bersejarah yang ada di dalamnya. Pemandu juga mengajak siswa kelas berkeliling ke bangunan lainnya sembari menjelaskan nama dan kegunaan bangunan-bangunan tersebut.

Setelah berkeliling di Puro Mangkunegaran, siswa kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ini disuguhi latihan Tari Gaya Mangkunegaran yang diadakan setiap hari Rabu. Keluwesan penari serta iringan gamelan membuat siswa kelas 3 kagum akan tarian tradisional yang ditarikan oleh penari putra ini.

Selanjutnya, pemandu mengajak siswa kelas 3 untuk mencicipi kuliner tradisional khas kota Surakarta, yaitu Apem, Kolak, dan Ketan. Selain mencicipi makanan tradisional yang ada di Puro Mangkunegaran, siswa kelas 3 juga dijelaskan dan diajarkan cara membuat Apem dengan peralatan tradisional. Kunjungan pembelajaran variatif siswa-siswi kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta diakhiri dengan foto bersama.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran variatif ini, diharapkan siswa kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta dapat belajar tentang sejarah kota Surakarta terutama sejarah Puro Mangkunegaran beserta budaya, tarian, alat musik, dan makanan tradisional sebagai warisan budaya yang perlu untuk dilestarikan.

0 Komentar