Renungan Harian: Rabu, 29 Mei 2024 - Dibersihkan Untuk Berbuah Lebat

Renungan Harian: Rabu, 29 Mei 2024 - Dibersihkan Untuk Berbuah Lebat

Rabu, 29 Mei 2024

Dibersihkan Untuk Berbuah Lebat

Bacaan Alkitab: Yohanes 15:1-8

Seperti kebun yang perlu dirapikan dan dibersihkan, hidup kita pun juga perlu dibersihkan. Dalam Yohanes 15:3, Yesus berkata, “Kamu sudah dibersihkan oleh firman yang telah Kukatakan kepadamu.” Firman yang dimaksud adalah ajaran-ajaran Yesus dan Alkitab. Namun, kebersihan yang dimaksud disini bukanlah kebersihan fisik semata. Yesus mengajarkan bahwa kita perlu membersihkan diri dari dosa-dosa dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengganggu hubungan kita dengan Tuhan. Seperti ranting-ranting yang perlu dipangkas, kita juga perlu memotong kebiasaan buruk yang menghalangi kita untuk dekat dengan Tuhan.

Bagaimana kita dapat membuktikan bahwa kita sudah dibersihkan oleh firman Tuhan? Salah satunya adalah dengan buah-buah yang kita hasilkan. Dalam Yohanes 15:5, Yesus berkata, “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Jadi, jika kita telah dibersihkan oleh firman Tuhan, kita akan menghasilkan buah-buah yang baik, seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan hati, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri (Galatia 5:22-23).

Selain itu, kita juga perlu terus membersihkan diri kita dari dosa-dosa dan kebiasaan buruk yang masih tersisa, melalui perenungan akan firman Tuhan, berdoa, dan mengakui dosa-dosa kita. Dalam 1 Yohanes 1:9, dikatakan, “Jika kita mengakui dosa kita, maka Allah yang setia dan adil akan mengampuni dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” Kebersihan yang dimaksud dalam Yohanes 15:1-8 bukanlah kebersihan fisik semata, melainkan kebersihan dari dosa-dosa dan kebiasaan buruk yang menghalangi hubungan kita dengan Tuhan. Ketika kita telah dibersihkan oleh Tuhan, kita akan menghasilkan buah yang baik dan menjadi berkat bagi orang lain.


Hanya ketika kita dibersihkan dari dosa-dosa kita,
kita dapat berbuah lebat bagi Kerajaan Allah

0 Komentar