Renungan Harian: Kamis, 30 Mei 2024 - Luar Dan Dalam

Renungan Harian: Kamis, 30 Mei 2024 - Luar Dan Dalam

Kamis, 30 Mei 2024

Luar Dan Dalam

Bacaan Alkitab: Matius 23:25-36

Suatu hari, seorang teman datang berkunjung ke rumah saya. Ia kagum bahwa rumah saya bagus dan tampak luarnya sangat kekinian. Namun saat ia masuk ke dalam rumah dan melihat dapur saya, ia mengatakan bahwa saya perlu membersihkan dapur saya karena terlihat kotor. Awalnya saya merasa sedikit tersinggung, tetapi akhirnya saya sadar bahwa apa yang teman saya sampaikan benar.

Sama seperti dapur yang berada di dalam rumah yang perlu dibersihkan, dalam Matius 23:25-36, Yesus mengkritik para pemimpin agama pada zamannya karena mereka hanya memperhatikan kebersihan fisik, tetapi mengabaikan kebersihan batiniah. Mereka menunjukkan diri sebagai orang yang bersih di luar, tetapi sebenarnya mereka penuh dengan kebusukan di dalamnya.

Hal ini masih relevan bagi kita sebagai umat Kristen saat ini. Terkadang kita terlalu fokus pada penampilan dan kebersihan fisik, tetapi mengabaikan kebersihan batiniah kita. Kita mungkin terlihat baik di luar, tetapi dalam hati kita penuh dengan kebencian, kemarahan, iri hati, dan dosa-dosa lainnya. Saat kita menjalani hidup, kita harus berusaha untuk memperhatikan kebersihan batiniah kita. Kita harus berusaha untuk memperbaiki diri dan menjadi orang yang baik di dalam dan di luar. Kita harus terus berdoa kepada Tuhan dan memohon agar Dia membantu kita membersihkan hati kita dari dosa-dosa.

Selain itu, kita juga harus belajar untuk mengampuni orang lain dan memperbaiki hubungan kita dengan sesama. Banyak konflik dan masalah bermula dari hubungan yang rusak dan penuh dengan kebencian dan kesombongan. Mari kita bersama-sama berusaha untuk menjadi orang yang bersih di dalam dan di luar. Biarkan kebersihan batiniah kita bersinar keluar dan mempengaruhi lingkungan sekitar kita. Mari kita belajar untuk mengasihi dan mengampuni sesama, sehingga kita dapat hidup dalam damai dan sukacita.

Dalam Matius 23:26, Yesus mengatakan, "Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih." Mari kita berusaha untuk menjaga kebersihan batiniah kita agar dapat menjadi saksi hidup bagi orang lain tentang kasih dan kemurahan Tuhan yang mempengaruhi hidup kita secara menyeluruh.


Tindakan yang baik berasal dari hati yang bersih, dan hati yang bersih akan selalu memancarkan cahaya Kristus

0 Komentar