Renungan Harian: Jumat, 17 Mei 2024 - Menjaga Kebersihan

Renungan Harian: Jumat, 17 Mei 2024 - Menjaga Kebersihan
Jumat, 17 Mei 2024

Menjaga Kebersihan

Bacaan Alkitab: Amsal 4:20-27

Tahukah Anda jika perangkat kerja kantor seperti telepon, monitor, keyboard, dan mouse adalah tempat tersimpannya banyak bakteri. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan Charles Gerba, seorang peneliti dari Arizona University. Penelitiannya membuktikan bahwa jumlah rata-rata bakteri dalam monitor komputer adalah 20.961, keyboard komputer 3.295 dan mouse 1.676. Namun tidak perlu takut atau gundah karena solusinya cukup sederhana, yaitu bersihkan peralatan kantor secara rutin dengan kain lap yang sudah ditetesi alkohol. Ini akan membuat bakteri berkurang hingga 99%.

Sama seperti tubuh jasmani yang akan selalu sehat dan tak mudah sakit kalau kita mau melakukan beberapa tindakan positif, salah satunya menjaga kebersihan. Tubuh rohani pun akan selalu sehat saat kita menjaga kebersihan hati. Raja Salomo dengan hikmat Tuhan berkata, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan” (ayat 22).

Saat kita beraktivitas sehari-hari, terkadang hati kita dikotori dengan noda dan kotoran rasa benci, sakit hati, kekecewaan, iri dan hal lainnya. Sehingga kita merasa hari yang dijalani sangat berat dan penuh pergumulan. Mari minta Tuhan menyirami hati kita dengan air Firman yang Hidup, agar hati kita menjadi bersih kembali. Jika kita terbiasa menjaga hati kita setiap hari, maka kita akan terhindar dari penyakit rohani yang mengancam pertumbuhan rohani.

Mari berkomitmen untuk mau memperhatikan kebersihan hati kita serta belajar untuk menaruh nasihat dan janji Firman Tuhan dalam hati kita setiap hari. Roh Kudus akan menolong kita untuk senantiasa menjaga kebersihan hati.


Kehidupan yang sesungguhnya terpancar dari hati, karena itu jagalah hati agar tetap bersih.

0 Komentar